uses wincrt;
var bil1,bil2,hasil:integer;
var nama,materi:string;
var a,temp:real;
var logx,Lnx:integer;
begin
write (‘Masukan nama Anda:’);
readln(nama);
write (‘Materi apa yang anda cari:’);
readln (materi);
clrscr;
if (materi=’logaritma’) OR (materi=’LOGARITMA’) then write (‘Anda boleh lanjut’)
else
write(‘Anda Harus Berhenti’);
clrscr;
writeln (‘Hai Aku Sedang Belajar Memprogram’);
writeln(‘Ini Program Logaritma’);
readln;

writeln (‘Menentukan Logaritma Suatu Bilangan’);
writeln (‘dua cara menentukan logaritma bilangan, yaitu:’);
writeln (‘Memakai Tabel Logaritma’);
writeln(‘Menggunakan Grafik Fungsi y=a*’);
writeln (‘contoh’);
write (‘masukkan nilai a*=’);
readln (a);
write (‘hasil’,a, ‘adalah:’,hasil);
readln;
writeln (‘Menentukan Anti Logaritma Suatu Bilangan’);
write (‘Rumusnya adalah:’);
writeln (‘jika 0 < log x < 1, maka 1< x < 10′);
writeln (‘contoh’);
write (‘masukkan nilai logx=’);
readln (logx);
hasil:= Lnx;
write (‘hasil logaritma’,logx,’adalah:’,hasil:5);
end.
=================================
(tugas 2)
program casepilih;
uses WinCrt;
var pilih:char;
var number: integer;
var x,hasil,Lnx:real;
var logx:integer;
var angka,angka2:integer;
procedure logaritma;
var bil1:integer;
var hasil:real;
begin
clrscr;
writeln (‘Menentukan Logaritma Suatu Bilangan’);
write (‘Masukkan Bilangan yang ingin di ketahui Logaritmatnya:’);
readln (x);
hasil := Ln (x);
writeln (‘Logaritma dari’,x,’adalah’,hasil:2:3);
end;
procedure antilogaritma;
var bil2:integer;
var hasil:real;
begin
clrscr;
writeln (‘Menentukan Anti Logaritma Suatu Bilangan’);
write (‘Masukkan bilangan yang ingin di ketahui anti logaritmanya:’);
readln (bil2);
writeln (‘Anti Logaritma dari’,bil2,’adalah’,hasil:2:3);
end;
begin
Write (‘Choose your favorit Number [1][2]:’);
readln (pilih);
case pilih of
’1′: writeln (‘Logaritma’);
’2′: writeln (‘Anti Logaritma’);
else
write (‘You Cannot find something here!’);
clrscr;
end;
begin
writeln (‘Menentukan logaritma suatu Bilangan’);
writeln (‘Menggunakan rumus Log x= y’);
writeln (‘contoh’);
write (‘masukkan nilai log x=’);
readln (x);
hasil:=Ln (x);
writeln (‘Hasi dari logx, adalah:’,hasil);
end;
begin
writeln (‘Menentukan Anti Logaritma Suatu Bilangan’);
writeln (‘Menggunakan Rumus’);
writeln (‘jika 0<1, maka 1<10′);
writeln (‘contoh’);
write (‘masukkan nilai logx=’);
readln (logx);
hasil:= Lnx;
write (‘hasil logaritma’,logx,’adalah:’,hasil:5);
if (0logx) then logx:=0;

end;
begin
angka:=0;
angka2:=1;
repeat
angka:=angka+1;
writeln (angka);
until angka>2;
end;
begin
angka:=0;
while angka<10 do
begin
angka:=angka+2;
writeln (angka);
end;
end;
end.
================================
(tugas 3)
program menuoke;
uses wincrt;
var tanya, pilih:char;
procedure logaritma;
var a,b,temp:integer;
var hasil:real;
var i:longint;
begin
clrscr;
hasil:=1;
writeln (‘Operasi Logaritma’);
writeln (‘=================’);
write (‘masukan bilangan ke-1:’);
readln (a);
writeln (‘masukan bilangan ke-2:’);
readln (b);
for i:=0 to 1 do;
begin
hasil:= Exp (b*Ln(a));
end;
writeln (‘Hasil Logaritma’,a,’dengan perkalian’,b,’adalah’,hasil);
end;
procedure antilogaritma;
var a,b,antilogaritma:real;
var hasil:integer;
var i:longint;
begin
clrscr;
writeln (‘Operasi Anti Logaritma’);
writeln (‘======================’);
write (‘masukan angka pertama:’);
readln (a);
for i:=1 to 10 do;
begin
hasil:= Trunc (a);
end;
writeln (‘Hasil Anti Logaritma’,a,’adalah’,hasil);
end;
begin
repeat
clrscr;
writeln (‘======================’);
writeln (‘Program Menentukan Logaritma Suatu Bilangan’);
writeln (‘======================’);
writeln (’1. Logaritma’);
writeln (’2. Anti Logaritma’);
writeln (‘======================’);
write (‘Masukan pilihan anda:…..’);
readln (pilih);
case pilih of
’1′: logaritma;
’2′: antilogaritma;
else
writeln;
writeln (‘Lihat menu’);
end;
write (‘Anda masih mau lanjut [tekan y/t]:…’);
readln (tanya);
until (tanya=’t') or (tanya = ‘T’);
clrscr;
writeln (‘Terima kasih’);
writeln (‘deti.jenab@yahoo.com’);
writeln (‘sampai jumpa…’);
end.
=================
(tugas 4)
program funcdanproc;
uses wincrt;
var input:real;
function pangkatriil (var a,b:real): real;
begin
pangkatriil:=exp(b*ln(a));
end;
procedure garis;
begin
writeln (‘=================’);
end;
procedure inputan (var c:real);
begin
garis;
writeln (‘Hasil logaritma dari’,input,’adalah’,pangkatriil(input));
garis;
end;
begin
writeln (‘program logaritma’);
write (‘masukan bilangan yang anda mau:’);
readln (input);
inputan (input);
end.